Punya Pekerjaan Impian Tapi Bingung Harus Bagaimana, Taklukkan Dengan 5 Tips Berikut

Indonesia Satu Manajemen,
14 Mei 2022 - 18:2

Aspek pertama dan paling penting untuk meraih harapan adalah mengetahui apa yang diinginkan. Namun, banyak mimpi dalam hidup, sehingga bingung memilih mana yang menjadi prioritas. Ingatlah bahwa hal-hal yang sebagian dipahami dan ketahui muncul sebagai manifestasi keinginan.

Untuk mendapatkan pekerjaan impian, perlu memilah-milah dan memfokuskan pada tujuan realistis. Daripada bingung, berikut deretan tips untuk mendapatkannya!

  • Temukan pekerjaan impian dengan fokus

Pertama, ketahui satu bidang yang Anda sukai dan cintai. Misalnya punya minat pada ilmu komunikasi, maka fokuslah pada jalur karir presenter, jurnalis, dan pekerjaan yang linier dengan sektor tersebut. Fokus ini memungkinkan untuk membedakan antara mendapatkan gelar dan mengejar peluang.

Setiap tahunnya, ratusan bahkan ribuan mahasiswa menyelesaikan gelar sarjana di bidang-bidang seperti ilmu komunikasi tanpa benar-benar memikirkan tentang pekerjaan impian. Fokus membantu mendapatkan apa yang sesuai dengan minat, bakat, serta latar belakang pendidikan, sehingga akan berada di posisi lebih baik.

  • Pastikan bisa melakukannya

Dewasa ini, gelar tidak menjamin kandidat memenuhi syarat. Oleh sebab itu, tidak harus menunggu sampai selesai perguruan tinggi untuk memulai sesuatu yang disukai.

Misalkan tertarik dengan dunia gaming, buatlah video permainan sendiri. Apabila memimpikan menjadi reporter berita, bergabunglah dengan CNN iReport atau memulai blog sendiri untuk melaporkan informasi lokal.

  • Ambil program magang

Memiliki pengalaman kerja bisa menjadi nilai plus. Sembari kuliah, isi waktu luang dengan mengikuti program magang yang biasaya dibuka oleh perusahaan-perusahaan. Semuanya berawal dari pembelajaran dasar dan sukarelawan, tapi dari sana kemampuan terus terasah dan punya bekal untuk meniti karir di masa depan.

  • Selalu yakin

Memiliki pendidikan bagus dan pengalaman tidak sama dengan kepercayaan diri. Belajar bagaimana melakukan sesuatu, kemudian berlatih dan membangun rasa percaya diri akan membantu mendapatkan pekerjaan impian. Sikap ini juga masuk kualifikasi untuk masuk ke dalam peluang.

  • Bawa keyakinan pada komunikasi non verbal

Ketika akhirnya mendapatkan panggilan wawancara dari pekerjaan yang diimpikan, rasa gugup seringkali mengacaukan pikiran. Alhasil ketika sudah berhadapan dengan tim rekruitmen jadi susah berkata-kata. Untuk mengatasi hal tersebut, silangkan tangan dan tarik nafas dalam kemudian hembuskan. Lanjutkan berkomunikasi dengan sikap ramah, terbuka dan sopan.

 

Tips di atas belum berakhir, job seeker. Sebab masih ada deretan lainnya pada bagian berikutnya! 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp